Senin, 15 Desember 2014

Opini tentang job seeker dan job creator



Tugas 4.
Opini tentang job seeker dan job creator
Jobseeker.  Apa yang dimaksud dengan job seeker? Disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu jobseeker, Job dapat diartikan sebagai pekerjaan sedangkan Seeker diartikan sebagai pencari. Atau dengan kata lain job seeker adalah pencari pekeriaan atau biasa disebut dengan pengangguran. Tidak ada seorang pun yang ingin menjadi pengangguran, karena penangguran dianggap sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan untuk mencukupi hidupnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pengangguran yaitu :
1.     Terbatasnya Lapangan Pekerjaan
Jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia yang sangat terbatas merupakan factor utama penyebab pengangguran, hal tersebut disebabkan karena semakin bertambahnya penduduk Indonesia namun tidak diimbangi dengan perluasan lapangan pekerjaan.
2.     Kurangnya keahlian
Kealian yang dimiliki seseorang berbeda-beda, bagi seseorang yang memiliki keahlian yang lebih menonjol dibandingkan orang lain maka akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, namun sebaliknya bagi mereka yang tidak memiliki keahlian maka akan sulit untuk mencari pekerjaan.
3.     Buta informasi
Seseorang menjadi penangguran juga dapat disebabkan karena kurangmya informasi akan adanya suatu lowongan pekerjaan, biasanya hal tersebut dapat terjadi karena orang tersebut malas mencari informasi. Padahal, informasi akan suatu lowongan pekerjaan dapat ia peroleh melalui media cetak maupun elektronik.
4.     Meningkatnya urbanisasi
Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Banyak orang desa yang menganggap bahwa merantau ke kota dapat memperbaiki kehidupannya menjadi lebih baik tanpa memperhatikan keterampilan yang ia miliki, sehingga mereka hanya berbekal nekat untuk hidup di kota-kota besar dan pada akhirnya akan menjadi seorang pengangguran yang dapat membebani keluarga maupun masyarakat. Maka dari itu jika orang desa ingin pindah ke kota harus memiliki keterampilan sebagai modal mencari kerja.
5.     Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat
Pertumbuhan penduduk Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun  hal tersebut disebabkan karena masih banyak penduduk Indonesia yang mempercayai mitos bahwa “banyak anak banyak rejeki” padahal hal tersebut sangat tidak benar justru semakin banyak anak maka semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membiayai hidupnya.
6.     Rendahnya pendidikan formal
Masih banyak masyarakat Indonesia yang meremehkan pendidikan bagi anak-anaknya, padahal pendidikan formal adalah salah satu modal utama untuk mencari pekerjaan. Namun rendahnya pendidikan seseorang juga dapat disebabkan karena kurangnya kemampuan dari segi ekonomi untuk membiayai sekolah anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.
7.     Terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dapat terjadi karena perusahaan yang menutup atau mengurangi bidang usahanya akibat krisis ekonomi atau keamanan yang kurang kondusif, peraturan yang menghambat investasi, hambatan dalam proses ekspor-impor, dan sebagainya. Sehingga PHK ini dapat mencetuskan lebih banyak pengangguran.
         Dampak dari pengangguran dalam kehidupan bermayarakat yaitu pengangguran dapat menurunkan kualitas hidup seseorang karena tidak adanya penghasilan sehingga  seseorang tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Selain itu pengangguran juga dapat menyebabkan meningkatnya angka kriminalitas, hal tersubet dikarenakan banyak pengangguran yang semakin nekat dengan melakukan tindakan yang merugikan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Kemudian pengangguran juga akan berdampak pada ketidakstabilan sosial politik suatu negara.
         Dengan melihat dampak yang ditimbulkan pengangguran yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain maupun negara maka pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran yaitu dengan menyediakan lapangan pekerjaan lebih banyak, mendirikan tempat-tempat pelatihan keterampilan, misalnya kursus menjahit, pelatihan membuat kerajinan tangan, atau mendirikan BLK (Balai Latihan Kerja) yang didirikan di banyak daerah terpencil. Hal ini juga termasuk cara mengatasi pengangguran, sehingga orang yang tidak berpendidikan tinggi pun bisa bekerja dengan modal keterampilan yang sudah mereka miliki. Selain itu, upaya lainnya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan mendirikan suatu lembaga bantuan kredit atau langsung bekerja sama dengan bank-bank tertentu untuk memberikan kredit pada masyarakat yang kurang mampu, sehingga kredit tersebut diharapkan dapat membantu mereka untuk mendirikan suatu usaha, misalnya UKM atau sejenisnya. Dan program yang sedang gencar dicanangkan pemerintah saat ini adalah  program Kartu Indonesia Pintar (KIP), kartu ini berfungsi untuk memberikan bantuan berupa dana pendidikan bagi siswa/siswi yang kurang mampu, sehingga bagi mereka yang kurang mampu dapat tetap mendapatkan pendidikan yang layak yang dapat dijadikan bekal untuk mencari pekerjaan. Namun, semua upaya dan usaha yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi pengangguran tidak akan berjalan dengan sebagaimana mestinya tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat untuk memperbaiki kehidupannya menjadi lebih baik.
Setelah membahas masalah job seeker secara lebih jelas, maka selanjutnya saya akan membahas lawan kata dari job seeker yaitu job creator. Apa itu job creator? Job creator adalah seseorang atau badan yang menciptakan atau menyediakan lapangan pekerjaan. Job creator merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengurangi jumlah pengagguran yang ada di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan job creator dapat merekrut orang sebanyak-banyak hanya dengan bermodalkan keterampilan yang ia miliki. Job creator ini biasa dikenal dengan sebutan pengusaha atau wirausaha. Pengusaha merupakan kontribusi terbesar bagi kemajuan suatu bangsa sebab dapat mengetaskan masyarakat dari kemiskinan atau keterpurukan ekonomi suatu bangsa, bahkan ditinjau dari segi politik pengusaha dapat meningkatkan harkat sebagai bangsa yang mandiri dan bermartabat.
         Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang job kreator yaitu seorang job creator harus memiliki komitmen yang tinggi, dalam melaksanakan kegiatannya seorang job creator harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, terarah dan berorientasi pada kemajuan. Dalam hal ini seorang wirausahawan atau job creator harus komitmen terhadap dirinya sendiri dan orang lain, komitmen terhadap dirinya sendiri dapat dibuat dengan identifikasi cita-cita, harapan dan target-target yang direncanakan dalam hidupnya. Sedangkan komitmen wirausahaan terhadap orang lain terutama konsumennya adalah memberikan pelayanan prima kepada konsumennya dengan mengutamakan kepuasan konsumen, kualitas produk yang sesuai dengan harga, dan sebagainya. Selain itu, seorang job creator juga harus kreatif dan inovatif. Untuk memenangkan persaingan, seorang wirausahaan harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Dimana daya kreatifitas tersebut harus dilandasi dengan cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar, sehingga produk-produk yang kita ciptakan dapat bersaing dipasar dengan kualitas dan harga jual yang tinggi. Kemudian faktor penting lainnya yaitu memiliki sifat kejujuran. Kejujuran merupakan modal utama seorang wirausahawan, dalam melaksanakan segala kegiatannya seorang wirausahawan harus dilandasi dengan kejujuran. Dalam hal ini kejujuran yang harus dilakukan seorang wirausahwan yaitu kejujuran mengenai promosi produk yang akan dijualnya dan kejujuran mengenai pelayanan purnajual yang dijanjikannya. Dengan kejujuran yang tetap dipertahankan oleh seorang wirausahawan, maka wirausahawan tersebut tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan dapat terus mempertahakan kelangsungan usahanya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kejujuran merupakan kunci utama kesuksesan seorang job creator atau wirausahawan.
         Saat ini untuk menjadi seorang wirausahawan bukanlah hal yang sulit, dengan kemajuan teknologi semakin mempermudah seseorang untuk menjadi seorang wirausahawan. Sebagai contoh usaha yang sudah menjadi tren saat ini adalah penjualan dan pembelian barang secara online. Penjualan dan pemebelian barang secara online ini memberikan keuntunngan bagi pihak penjual maupun pembeli. Keuntungan yang didapatkan penjual dari perdagangan online ini yaitu seorang penjual tidak memerlukan lokasi atau tempat tertentu untuk mempromosikan barang daganganya cukup dengan mempromosikan barang dagangannya me lalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll, sehingga hal tersebut dapat menghemat biaya bagi si penjual. Sedangkan keuntungan yang diperoleh pihak pembeli yaitu seorang pembeli tidak perlu repot-repot mendatangi suatu tempat untuk membeli atau mendapatkan suatu barang yang di inginkannya, cukup dengan memesan suatu barang yang diinginkannya melalui media sosial maka barang yg dipesannya dapat langsung diantar oleh si penjual melalui jasa pengiriman barang. Dengan begitu, maka si pembeli dapat menghemat waktu dan tenaga.
         Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa menjadi job creator jauh lebih baik dibandingkan menjadi job seeker. Hal tersebut dikarenakan menjadi job creator dapat mendatangkan manfaat bagi diri sendiri, orang lain, maupun  negara. Manfaat yang didapat untuk diri sendiri yaitu menjadi seseorang pribadi yang lebih mandiri dan lebih bertanggung jawab serta yang lebih penting adalah job creator dapat membiayai hidupnya sendiri sehingga tidak menjadi beban bagi orang lain. Manfaat yang didapatkan orang lain yaitu menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang pengangguran dengan kemampuan yang terbatas. Sedangkan manfaat bagi suatu negara yaitu job seeker dapat menjadikan suatu negara menjadi lebih maju, mandiri dan beramrtabat. Sementara itu, jika job seeker tidak segera diatasi secepatnya maka akan menjadi beban keluarga, masyarakat bahkan negara.
Jika harus memilih menjadi job seeker atau job creator, maka setelah lulus nanti saya akan memilih menajdi job creator atau wirausahawan. Sebab, menurut saya seorang wirausahawan dapat memajukan roda perekonomian suatu negara dan dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih bermafaat.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar