Minggu, 24 Juni 2012


PERBEDAAAN YAHOO MESSENGER DENGAN GOOGLE TALK

Google Talk (GTalk)
Google talk adalah layanan aplikasi instant messaging yang dikeluarkan oleh Google, Gtalk pada dasarnya sama seperti yahoo messenger yaitu sebagai alat aplikasi yang memungkinkan si pengguna melakukan obrolan yang disebut dengan istilah chatting. Google Talk (GTalk) merupakan suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google talk pertama kali dirilis pada tanggal 24 Agustus 2005. Pada awal kemunculannya mendapat banyak sambutan hangat dari para pegiat Internet, hal ini dikarenakan google talk memiliki fitur yang tak kalah menarik dibandingkan para pendahulunya seperti, Yahoo Messenger, MSN, Aol, dll. Google Talk memiliki tampilan lebih sederhana namun berdampak pada kecepatan yang baik. Google Talk disediakan secara gratis dan dapat diunduh serta diakses melalui Google. Layanan Google Talk hanya dapat digunakan apabila telah memiliki akun di Google. Pesan instan yang ada di antara server Google Talk dan kliennya menggunakan protokol terbuka, dan XMPP, yang memungkinkan para pengguna klien XMPP lainnya untuk berkomunikasi dengan para pengguna Google Talk. Sementara itu, VoIP pada google Talk berbasis Jingle protokol. Teknologi yang dipakai dalam jaringan server google tidak dapat diketahui oleh publik. Layanan Google Talk hanya tersedia untuk sistem operasi yang menggunakan Windows 2000, windows XP, windows Server 2003, windows Vista, dan Windows 7. Perangkat lunak Google Talk tersedia juga untuk BlackBerry, iPhone dan T-Mobile G1. Dengan dikeluarkannya gadget pada Google Talk membuat seluruh pengguna yang didukung oleh Adobe Flash Player dapat menggunakan Google Talk.




Yahoo Messenger (YM)
Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006. Yahoo Messenger menawarkan dukungan firewall, modus siaga satu program yang minimizes sampai sambungan Internet dibuat, kemampuan untuk menyimpan dan mencetak percakapan, dan tab antarmuka yang menyediakan akses cepat ke saham favorit, berita, olahraga dan nilai. Fitur-fitur lainnya mencakup kemampuan untuk membuat chat room secara otomatis, info harga saham, kemampuan untuk mengirim pesan ke teman (bahkan jika mereka sedang tidak online), sebuah Quick Compact mode yang menyembunyikan Messenger untuk memaksimalkan melihat kawasan, Tema Messenger, chatting, dan suara, yang memungkinkan untuk berbicara secara gratis kepada siapa saja lain di Internet juga termasuk Launchcast Radio, Yahoo Games, dan Yahoo Audibles. Menggunakan Webcam, dapat melihat siapa yang sedang chatting atau melihat Webcam segala konten Yahoo anggota yang telah memberikan diakses
Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan GoogleTalk dengan Yahoo Messenger adalah sebagai berikut :
1.     Tampilan dari yahoo messenger lebih sederhana dibandingkan dengan Gtalk
2.     Yahoo messenger lebih dulu ada dibandingkan dengan Gtalk, oleh karena itu yahoo messenger lebih banyak penggunanya dibandingkan dengan Gtalk.
3.     Dari segi tampilan Gtalk lebih variatif dibandingkan dengan yahoo  messenger.
4.     Fitur chating yahoo messenger lebih simple dibandingkan dengan Gtalk
5.     Google Talk (GTalk) merupakan program pengirim pesan instan dari Google sedangkan Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!


Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar